Kamis, 27 Juni 2019

SOAL HOTS UNTUK SMP KELAS 7 MATERI ALJABAR


KISI-KISI SOAL HOTS
Mata Pelajaran            : Matematika
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Kelas /
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
No. Soal
1.
4.5 Menyelesaikan yang berkaitan dengan bentuk Aljabar dan operasi pada bentuk Aljabar.
Aljabar
Kelas 7/ Semester 1
Siswa dapat menentukan sebuah nilai dari permasalahan yang disajikan.
C.4
Uraian
1




KARTU SOAL NOMOR
(URAIAN)
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : Kelas 7 / Semester 1
Kurikulum                   : 2013

Kompetensi Dasar       : Menyelesaikan yang berkaitan dengan bentuk Aljabar dan operasi pada bentuk Aljabar.
Materi                          : Aljabar
Indikator Soal              : Siswa dapat menentukan sebuah nilai tentang materi Hubungan Garis dan Sudut yang disajikan
Level Kognitif             : C.4
 
SOAL :
1.    Angles A and B are complementary. If m<A = (x + 3)° and m<B is twice m<A. Write an equation that can be used to find the value of x!
(Diketahui sudut A dan sudut B berpenyiku. Jika m<A = (x + 3)° dan m<B dua kalinya m<A. Tulislah persamaan yang bisa digunakan untuk mencari nilai x!)




PEDOMAN PENSKORAN  :
No.
Uraian Jawaban/Kata Kunci
Skor
1.
(i) Diketahui :
     m<A + m<B = 90°
     m<A = (x + 3)°
     m<B = 2 . m<A
     Ditanya :
     Nilai x ?
1

Jawab :
(ii) m<B = 2 . m<A
      m<B = 2 (x + 3)°
      m<B = (2x + 6)°

1

1

(iii) m<A + m<B            = 90°
       (x + 3)° + (2x + 6)° = 90°
       x° + 3° + 2x° + 6°   = 90°
            3x° + 9°             = 90°
                            3x       = 90° - 9°
                            3x       = 81°
                              x        = 27°
1


1


Total Skor
5
 ket :
Nilai = (Jumlah skor/ Jumlah skor maksimal) x 100
 



Keterangan      :
Soal ini termasuk soal HOTS karena  :
1. Siswa diberi kesempatan dalam mengatur strategi dalam menjawab soal.
2. Soal ini mencakup beberapa materi diantaranya konsep aljabar (ketika siswa diminta menuliskan dalam bentuk persamaan), serta meminta siswa mengingat kembali tentang materi sudut yang berpenyiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar